Sabtu, 09 Februari 2013

Delapan Mata Air Kecemerlangan



Sebenarnya udah agak lama ketemu dengan buku ini, tapi saat itu aku bener-bener ga tertarik untuk membacanya, covernya yang gelap dan biasa saja membuat buku ini sedikit memboringkan. Tetapi setelah beberpa bulan kemudian, seorang teman mempromosikan kembali buku ini untuk dibaca, judulnya “ Delapan Mata Air Kecemerlangan “  ditulis oleh Anis Matta.

Buku ini bercerita tentang  delapan mata air kecemerlangan (ketentuan) yang harus dimiliki oleh seorang manusia (muslim) untuk meraih visi atau  impian ataupun keinginannya:

1.       Konsep diri yang jelas dan kuat
2.       Struktur pengetahuan dan pemikiran yang solid
3.       Tekad bulat yang kuat membaja
4.       Aset fundamental (waktu dan kesehatan ) yang termenejemen secara baik dan efisien
5.       Karakter dasar yang kuat dan tangguh
6.       Integrasi sosial
7.       Kontribusi yang nyata
8.       Konsistensi yang membuatnya bertahan di puncak

Kalau ada kecemerlangan tentunya ada kepudaran donk. Yuupss, benar sekali presiden salah satu partai politik Indonesia ini mengatakan bahwa kecemerlangan hadir karena ada kepudaran. Ada beberapa faktor kenapa hilangnya pesona seseorang atau manusia ( wah kirain pudarnya pesona Kleo Patra..hehehe), yaitu:

1.       Kecemerlangan yang bersifat temporal. Terlihat dari  aplikasi nilai-nilai Alquran dan sunnah yang memudar
2.       Pandangan terhadap agama (Islam) sebagai warisan bukan sebagai pilihan hidup, sehingga manusia (muslim) tidak bersungguh-sungguh dalam beramal. Mungkin kita juga termasuk, kenapa kita memilih Islam (warisankah atau pilihankah)??
3.       Meningkatnya jumlah masyarakat pasif, yang kedatangannya tidak ditunggu-tunggu oleh masyarakat ataupun kepergiannya yang tidak menyedihkan orang sekitarnya. Hadir namun tidak berpartisipasi dalam kehidupan sosial masyarakat.
4.       Kontribusi yang kurang bahkan tidak sama sekali dalam segala lini kehidupannya.

Di dalam buku ini dilengkapi dengan langkah-langkah dalam merefleksikan diri ataupun melakukan suatu kegiatan positif sebagai upaya meditasi dari kejenuhan dan klimaks kehidupan. Akhirnya saya juga merekomendasikan buku ini untuk dibaca, kudu baca dan miliki segera dech, sebuah referensi yang sangat bagus untuk  menjadi manusia (muslim) yang berkarakter dan cerdas dalam segala aspek kehidupan. Selamat membaca. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar