Rabu, 20 Juli 2011

"MY REFLECTION"




Hari ini banyak sekali agenda atupun kegiatan luar biasa yang dilakukan. Alhamdulillah, semuanya berjalan lumayan lancar dan beberapa persen telah bergeser dari perkiraan semula kearah positif menuju angka patokan akhir dari mimpi luar biasa ini.
Bersama teman-teman EDEC (English Debating Club) sebutan dari club debate bahasa inggris di kampusku, hari ini diisi dengan penuh suka cita. Ditengah sibuk-sibuknya mahasiswa semester enam dalam mempersiapkan study mereka dengan mengikuti seminar proposal senior di jurusan yang menjadi salah satu syarat seminar nanti, aku yang juga terdaftar sebagai salah seorang mahasiswa semester yang sama dengan mereka sama sekali belum memikirkan tentang seminar, tugas akhir, dll. Oops bukannya sok kepedean. Dalam fikiran ku banyak sekali impian-impian yang menari-nari bahkan hamper saja dan akan mencapai puncaak 100% dalam pencapaiannya.
Salah satunya mimmpiku yang sedang dalam proses pencapaian, yach paling tidak kalau kamu benar-benar bisa melihat kegiatan hari ini pasti akan lebih mudah untuk mengenali dan memahami impian tsb. Impian yang sudah lama, mungkin 3 atau 4 tahun lalu aku tuliskan dalam long term memoriku. Balik lagi ke tugas akhirku, bukannya aku santai-santaian tapi sebenarnya jauh dari dalam lubuk hati ini, batin ini sudah meronta-ronta untuk segera menemui PA(penasihat akademik) untuk meminta saran beliau tentang beberapa judul TA ku yang sebenarnya sudah dua semester lalu terlintas dalam fikiran, dan masih ada dalam long term memori yang memang diciptakan khusus oleh Yang Maha Kuasa untuk makhluk yang sempurna atau “ahsanul khalqi”. Namun apa daya aku masih tetap ingin membuktikan kalau aku juga bisa mengerjakan tugas akhir dan diikuti dengan pencapaian mimpi ku yang ke 104 ini..(wow, banyak kali yach…dasar tukang mimpi, eh tapi gak papalah dari pada gak punya mimpi sama sekali, ayooo).
Karena saking capeknya seharian tadi, akhirnya malam ini malah gak mau tidur. sudah pukul satu dini hari, dan Untuk malam ke tiga kena insomnia lagi, tp untungnya masih tahap insomnia sementara krena baru berlangsung bbrpa hari. Dua maalam sebelumnya kena insomnia gak papalah ada alasan yang tepat pertama Karena searching informasi tentang impian dan yang kedua karenna masih memikirkan tentang pengurusan visa yang sangat menghantuiku. Bukan kenapa-kenapa, sehabis nelphon lumayan lama dengan salah seorang temanku yang super sibuk dan telah sukses dengan beberapa impiannya sebut saja Dini, tentang pengurusan visa US yang sangat sulit sekali karena banyak yang gagal entah karena persyaratan yang tidak lengkap, nama yang islami, penampilan, sampai karena alasan yang kurang tepat. aku telah berfikir duluan kalau aku bakalan kesulitan lagi dalam pengurusan visa, setelah mengalami kesulutan dalam pengurusan paspor beberapa waktu yang lalu sewaktu mau mengikuti lomba debate international di UCTI, Negara tetangga, huff jangan sampai lagi dach buat yang kedua kalinya mengalami kesulitan pada pengurusan visa ini. Oh ya Rabb, ampuni hamba Mu ini.. aku tahu Engkau adalah sesuai dengan apa prasangkaan hambamu. Hilangkanlah prasangkaan negative itu. Apakah hanya karena nama yang islami, atau penampilan dengan jilbab besar, atau karena tampang yang rada-rada menyerupai warga timur tengah sehingga orang pakistanpun mengakui aku sebagai warga Pakistan saat berkunjung kesalah satu Negara yang penduduknya lumayan banyak memeluk islam dan multiculture. Gak banget dech,
Dengan mata yang kelihatan kurang tidur banget dan sembab karena habis dibasahi oleh butiran cristal air mata (habis nangis yach..ketahuan) memang habis nangis seeh sebenrnya tapi gak tau juga nangis kenapa. Pas nyampe rumah sore ini entah ap yg terjadi pokoknya pengen nangis aja..:-(.temen-temen satu kos pun jadi bertanya-tanya sekitar 15 menit ku habiskan waktu dengan menangis dan mengurung diri dikamar. Secara ilmiah jika seseorang mengeluarkan air matanya alias menangis dalam waktu beberapa menit maka dia akan mengantuk. Tapi yang terjadi malah sebaliknya. Sudah berbagai jurus dipraktekan mulai dari menonton film “school of rock”, tilawah, hingga membaca buku tentang “buku pintar beasiswa” oleh Erni Murniasih, dan mendengarkan music classic music yang biasanya bisa mengantarku tidur dan paling kusuka, namun hasilnya tetap nihil. Sehingga semuanya tercurahkan lagi pada laptop kesayangan ku ini yang rela tidak tidur hingga 48jam, eh kenapa necch music di media playernya..kok kepleset ke lagunya celine dion “to love u more” kenapa lagu ini bisa masuk di playlist ..kalau kayak gini mana bisa jd tidur..malah makin melek..
Ohh GOD, apa yang salah hari ini, “ nikmat Tuhan manakah lagi yang harus kita dustai” (ar-rahman: 55)
Apakah hambamu ini telah menjadi hamba yang tidak mensyukuri nikmatMU, ya Rabb ampuni hambaMu ini. Dan inilah refleksiku malam ini terhadap kegiatanku hari ini. Aku belajar hari ini tentang erti dari bersyukur dan bersabar, egois boleh tapi jangan menjadi orang yang egoistic. Tapi gak juga kok, aku hanya ingin menjadi “first mover” seperti yang dikatakan oleh erny muarniasih dalam bukunya “winning a scholarship”..hufff apapun itu inilah hidup. Belajarlah untuk hidup..hiduplah melalui belajar, belajar untuk bersyukur. Music penutup instrumental ost. Taree zameen, bintang-bintang kecil di dunia, bye….eh lupa nutup pintu, assalamua’likum…

Padang, 20 juli 2011
Pukul 01:27

1 komentar: