Selasa, 19 Juli 2011

Dari EDEC Famz untuk UNP, Sumbar, Indonesia, dan Dunia : Mimpi HMNUN Boston 2012 (mudah-mudahan jadi kenyataan)
"Sekarang kami bersama sedang bermimpi, mimpi besar untuk berkontribusi secara lebih nyata..."
"Mimpi untuk menjadi duta Indonesia (dari urang awak) untuk dunia dalam HMNUN 2012 (simulasi PBBnya mahasiswa di seluruh dunia) Boston, USA ..."

Kenalan sama EDEC dulu dech...!
EDEC adalah singkatan dari English Debater Community yang saat ini masih beranggotakan belasan orang yang terdiri dari mahasiswa FBS dan FMIPA. Pada dasarnya komunitas ini membuka diri kepada seluruh mahasiswa UNP yang memiliki niat dan kemauan untuk bergabung dan maju bersama EDEC. Fokus dari komunitas kecil-kecilan namun punya mimpi besar ini adalah dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat penalaran dan berfikir kritis khususnya yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Walaupun namanya debater tapi bukan berarti mereka suka debat kusir asal-asalan dan nggak jelas melainkan mereka berdebat dengan sistem rasional yang sudah diatur oleh konstitusi debat dunia seperti British Parliamentary, Asian, dan Australian.

*masih ada anggota EDEC lainnya selain yang ada di foto-foto ini



Sejauh ini anggota EDEC telah berusaha untuk terus maju, bangkit dan berkembang bersama di kampus UNP dan mengharumkan nama almamater tercinta. Sebut saja beberapa prestasi yang sudah pernah dicapai beberapa anggotanya seperti; berhasil membawa pulang piala tingkat nasional dengan menjadi 3rd Runner Up pada lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional NUEDC di UNY Yogyakarta pada bulan Juni 2010 lalu untuk EFL Draw; berhasil mendapatkan tiga penghargaan yaitu 1st Winner,1st Best Speaker, dan 3rd Runner Up pada ajang English Debate se-Sumatera Barat di UMMY Solok pada akhir 2010; menjadi Semi Finalist (8 besar) pada kompetisi debat bahasa Inggris tingkat Asean di Jakarta pada bulan Februari 2011 lalu dan juga menjadi breaking adjudicator serta salah satu juri di Semi Final round pada ajang bergengsi tingkat Asean tersebut; mewakili UNP di kompetisi Asian IV Intervarsities Open di kampus UCTI Bukit Jalil Malaysia pada bulan April 2011 yang lalu; menjadi 1st Runner Up dan Semi Finalist pada acara WESCED 2011 di UNP; menjadi Semi Finalist (8 besar) pada ajang NUEDC 2011 untuk ESL Draw di Universitas Diponegoro Semarang baru-baru ini dan tidak ketinggalan juga UNP memiliki breaking adjudicator pada ajang nasional tersebut; dan yang terbaru adalah bahwa 3 orang anggota EDEC yang akan mewakili UNP (insya Allah) telah mendapatkan tiket untuk berpartisipasi pada ajang World Universities Debating Championship (WUDC) 2011-2012 yang akan diikuti oleh 400 tim debat dari seluruh Dunia pada tanggal 27 Desember 2011 s/d 4 Januari 2012 di Manila Filipina. Lihat website WUDC 2011-2012 www.dlsuworlds.com
Ini adalah prestasi yang insya Allah ikut berkontribusi mengharumkan nama almamater ini. Alhamdulillah... (walaupun mereka seringkali berhadapan dengan rintangan yang hampir membungkam derap langkah mereka untuk maju, namun apa daya tangan tak jua mau mengalah tuk berhenti berayun kedepan dan kebelakang, maka kaki pun terus membuat jejak usahanya tercetak kokoh di tanah perjuangan ini) Subhanallah...

Sekilas tentang mimpi kami : HMNUN (Harvard National Modelling United Nation) 2012...
Rektor Universitas Diponegoro mengatakan sebagai berikut:
"HNMUN merupakan ajang simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diikuti oleh mahasiswa dari seluruh dunia. Setiap delegasi akan berperan sebagai diplomat yang menganalisis permasalahan internasional. Dengan mengikuti ajang ini dapat menjadi proses pendewasaan dan penambahan wawasan bagi setiap mahasiswa terkait permasalahan yang terjadi di kancah internasional dan mereka akan mendapatkan pengalaman yang benar-benar bermanfaat. Apalagi HNMUN merupakan ajang kerja sama antara salah satu universitas terbaik di dunia, Harvard University, dengan PBB yang diselenggarakan setiap tahunnya”. (ANTARA News)

Kawan-kawan, sekarang beberapa anggota EDEC sedang mengupayakan agar mimpi itu jadi kenyataan. Walaupun kelihatannya sulit tapi mereka yakin toh tidak ada ruginya kalau mencoba. Status mereka sekarang ini adalah perintis dan sama-sama kita ketahui kalau merintis itu memang tidak gampang tapi BISA, tinggal masalah waktu. Sekarang tim sedang dibentuk, proposal sedang diproses, dan bahan-bahan lainnya sedang mereka rancang dan persiapkan. Saya pribadi sungguh bangga dan sempat geleng-geleng kepala melihat semangat mereka yang luar biasa. Sibuk dengan tugas masing-masing, ada yang sibuk mencari harga tiket paling murah, ada yang sibuk mengurus finishing proposal yang hampir rampung, dan ada yang sibuk mencari bahan untuk dijadikan ide presentasi delegasi nantinya, weleh-weleh... Semangat kawan...! (ikut tertular virus semangat positif kawan-kawan EDEC).
"Kawan! Pergunakanlah waktumu untuk melakukan hal-hal positif lagi bermanfaat karena kalau tidak kamu gunakan untuk hal positif niscaya waktumu akan habis juga tapi terancam digunakan ke arah negatif!"
Untuk teman-teman semua mohon turut mendukung niat baik ini baik secara moril maupun materil dan yang tidak boleh lupa adalah do'anya untuk yang terbaik bagi kita semua dan agar dimudahkan, amin...

Untuk lebih jauh tentang HMNUN silahkan ikuti link berikut:
http://www.antaranews.com/berita/1265369861/rektor-hnmun-ajang-bergengsi-di-dunia
http://www.majalahkreatifa.com/2011/03/hnmun-2011-10-hari-pengalaman-berharga.html
http://www.hnmun.org/

Di posting dari :http://salampoenya.blogspot.com
sorry lam tadi dah minta izinkan..hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar